Search

40 Kesenian Tradisional di Jawa Barat Punah, 80 Lainnya di Ambang Kepunahan - Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT – Diperkirakan tidak kurang dari 40 kesenian tradisional di Jawa Barat alami kepunahan, sebanyak 80 di ambang kepunahan dan sisanya berkembang.

Pemerintah harus hadir selamatkan seni budaya tradisional yang semakin mengalami keterpurukan.

Terkait dengan kondisi kekinian seni budaya tradisional Jawa Barat, Kepala Seksi Atraksi Budaya Jawa Barat, Iwan Gunawan mewakili Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, Erick Henriana, mengungkapkan berdasarkan hasil pendataan pada tahun 2015, ada 40 jenis kesenian yang mengalami mati suri dan punah dan 80 jenis lainnya di ambang kepunahan.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Virus Corona, Viral Aksi Pria Tak Dikenal Tinggalkan 500 Masker di Kantor Polisi Tiongkok

“Punah dalam hal ini dikarenakan beberapa sebab, selain tidak ada lagi senimannya, juga tidak ada lagi masyarakat yang menanggap atau menampilkan, demikian pula halnya dengan kesenian tradisional yang hampir punah lebih banyak ditinggalkan pelaku seninnya dan juga masyarakat pemiliknya,” ujar Iwan pada penyusunan program penyelamatan seni budaya tradisional di Jawa Barat, Kamis 30 Januari 2020 di BallRoom Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat.

Untuk menyelamatkan kekayaan karya budaya Jawa Barat tersebut menurut Iwan sejak tahun 2005, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat melalui UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat (dulu Balai Taman Budaya Jawa Barat) melaksanakan program rekonstruksi seni budaya yang sudah punah, serta program revitalisasi dan pewarisan.

Baca Juga: Unggah Foto dan Konten Bersama Ashanty, Kode Atta Halilintar untuk Minta Restu Nikahi Aurel Hernmansyah

“Sejak tahun 2005 tercatat ada 3 kesenian punah direkonstruksi, 22 di revitalisasi dan 24 yang diwariskan, pada tahun (2020) ini rencananya ada 4 jenis kesenian yang akan di revitalisasi dan 4 kesenian masuk program pewarisan,” terang Iwan.

Terhadap kondisi kekinian seni budaya tradisional Jawa Barat, Tim Kurator Taman Budaya, Suhendi Afrianto, menegaskan pemerintah Jawa Barat harus benar-benar dirasakan kehadirannya.

“Kelangsungan hidup seni budaya tradisional bersama para pelaku dan masyarakatnya saat ini berada ditanga pemerintah lewa dinas atau instansi terkait yang menangani, tidak hanya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat saja,” ujar Suhendi.

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
January 31, 2020 at 08:24AM
https://ift.tt/31h0F5p

40 Kesenian Tradisional di Jawa Barat Punah, 80 Lainnya di Ambang Kepunahan - Pikiran Rakyat
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "40 Kesenian Tradisional di Jawa Barat Punah, 80 Lainnya di Ambang Kepunahan - Pikiran Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.