Search

Pakai Tenaga Kerbau, Petani Kawali Ciamis Pertahankan Cara Tradisional Bajak Sawah - Harapan Rakyat

membajak sawah
Petani di Kawali, Kabupaten Ciamis masih mempertahankan cara tradisional membajak sawah, yakni dengan memanfaatkan tenaga kerbau. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Di tengah kemajuan teknologi, membajak sawah dengan menggunakan kerbau sudah mulai ditinggalkan. Biasanya petani memanfaatkan mesin traktor untuk menggarap sawahnya.

Namun, berbeda dengan Surya, seorang petani di Dusun Indrayasa, Desa/Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Dia tetap eksis mempertahankan membajak sawah dengan cara tradisional, yakni menggunakan tenaga kerbau.

Surya yang juga pemilik kerbau mengatakan, meski zaman sudah modern, namun menggarap sawah dengan menggunakan tenaga kerbau masih terus dilakoninya.

“Sudah banyak yang menggunakan mesin traktor, tapi membajak sawah dengan menggunakan kerbau lingkungan akan tetap lestari, di sisi lain juga untuk melestarikan budaya,” kata Surya, Rabu (29/1/2020).

Menurut Surya, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari sudah tidak ada lagi yang membajak sawah dengan kerbau.

“Sekarang saya masih mencoba membajak sawah dengan tenaga kerbau, tapi bisa jadi nanti mah sudah tidak ada lagi yang memakai kerbau,” kata Surya.

Sementara Enjid, pemilik sawah mengaku, membajak sawah dengan cara tradisional tersebut memiliki nilai lebih. Selain ramah lingkungan karena bisa menyuburkan dan menggemburkan tanah, area sawah yang sulit atau jalan yang sempit juga tetap bisa dijangkau.

“Setiap musim, sawah selalu dibajak sama kerbau, kalau pakai kerbau area yang sempit itu masih bisa dijangkau, beda kalau pakai traktor,” katanya.

Enjid menambahkan, selain hasilnya memuaskan, upahnya pun terbilang murah. Terlepas, para petani lain menggunakan peralatan modern yakni mesin traktor, Enjid mengaku lebih suka menggarap sawah dengan cara tradisional.

“Bayarnya juga murah dibanding traktor, makanya lebih suka pakai kerbau, apalagi bisa sekalian menggeburkan tanah kalau pakai kerbau,” tandasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
January 29, 2020 at 05:39PM
https://ift.tt/2RzN85C

Pakai Tenaga Kerbau, Petani Kawali Ciamis Pertahankan Cara Tradisional Bajak Sawah - Harapan Rakyat
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pakai Tenaga Kerbau, Petani Kawali Ciamis Pertahankan Cara Tradisional Bajak Sawah - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.