Search

Desain Rumah Tropis Unik Modern dan Tradisional - Harapan Rakyat

Desain Rumah Tropis Unik
Desain Rumah Tropis Unik Modern. Foto; Istimewa

Desain rumah tropis unik sangat cocok bila diterapkan di Indonesia. Iklim merupakan salah satu faktor penting dalam pertimbangan membangun sebuah hunian.

Konsep desain rumah tropis tentu merupakan hal yang sudah familiar bagi negara yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Selain nilai estetika dari segi tampilan, rumah tropis juga mampu beradaptasi terhadap iklim dan cuaca. Para penghuninya pun tetap merasa nyaman saat menempatinya.

Desain Rumah Tropis Unik Modern dan Tradisional

Desain rumah tropis dibuat sedemikian rupa untuk menghadapi karakteristik iklim tropis di Indonesia. Kadang panas matahari sangat terik, curah hujan tinggi, kelembaban tinggi, pergerakan angin dan masih banyak lagi.

Perkembangan zaman membuat konsep desain rumah tropis unik tradisional yang diwariskan secara turun temurun mulai dikombinasikan dengan arsitek modern.

Desain Rumah Tropis Unik Modern

Rumah tropis yang didesain secara modern harus nyaman dan fungsional. Selain memperhatikan estetika, membangun rumah juga harus menyesuaikan model dan rancangannya dengan kondisi lingkungan.

Jangan sampai anda membangun rumah tidak sesuai dengan cuaca yang biasa terjadi. Model rumah yang ideal di Indonesia adalah konsep rumah tropis.

 Baca juga: Desain Rumah Mezzanine, Solusi Memperluas Rumah Minimalis

Bentuk dan model rumah sangat penting disesuaikan dengan cuaca tropis supaya keluarga anda nyaman saat berada di rumah.

Karena daerah tropis mempunyai dua iklim yakni panas dan hujan, maka desain rumah tropis unik yang modern perlu dirancang untuk menanggulangi efek buruk kedua iklim tersebut.

Rumah tropis yang modern perlu dioptimalkan pada bukaan jendela dan ventilasinya. Sehingga sinar matahari yang masuk cukup dan tidak akan terjadi kelembaban udara.

Jendela dapat dibuat saling berhadapan supaya sirkulasi udara silang mudah terjadi. Untuk mengatur intensitas cahaya matahari, dapat pula disiasati dengan skylight atau pembuatan rongga seperti jendela besar pada lantai dasar dan lantai atas apabila rumah model tingkat.

Skylight merupakan lubang bukaan udara yang berada di atap rumah. Fungsinya adalah sebagai jalan masuk sinar matahari.

Sementara pembuatan rongga udara pada desain rumah tropis unik modern ini harus dibuat dengan menggunakan material bangunan yang berkualitas. Sehingga mampu bertahan dari teriknya matahari dan hujan.

Jika anda sembarangan dalam memilih material, maka bisa jadi mudah lapuk dan cepat rusak. Dengan demikian, anda harus sering melakukan perbaikan rumah dan menambah pengeluaran.

Desain rumah akan lebih unik jika anda dapat memadukan antara model dengan bahan material yang akan digunakan. Konsep terbuka akan lebih elegan jika dikombinasikan dengan penggunaan kisi-kisi kayu.

Namun, anda tetap harus memperhatikan katilever yang lebar agar ruangan di dalamnya lebih teduh. Pilihlah tanaman yang sesuai supaya membantu rumah terjaga kesejukannya saat terik.

Desain Rumah Tropis Tradisional

Pada konsep rumah tropis tradisional kebanyakan mempunyai atap bangunan yang tinggi. Kemudian pada teritisan dibuat lebih lebar.

Hal tersebut berguna untuk meminimalisir sinar matahari yang masuk rumah. Selain itu, agar tampiasan air hujan tidak masuk rumah juga.

Baca juga: Desain Rumah Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Rumah tropis tradisional di Indonesia biasanya juga mempunyai teras. Terkadang desain rumah tropis unik dibuat model panggung supaya udara bebas berhembus.

Keberadaan teras akan memberikan perlindungan saat iklim tidak menentu. Arsitektur tropis ini akan menghindari dari tampias saat hujan dan menjaga suhu dalam ruangan tetap stabil.

Konsep tradisional akan semakin kental dengan penggunaan material kayu. Kemudian pada sekeliling rumah diberi taman dan pagar batu bata atau batu hias.

Jendela dibuat lebih lebar dengan tambahan kanopi. Jika bangunan merupakan rumah panggung dari kayu, maka lantai sedikit lebih diangkat supaya terhindar dari banjir.

Sementara pada konsep tata ruangnya, harus dipilih material yang cocok. Konsep dengan desain rumah tropis unik tradisional biasanya akan cenderung lebih mahal, sehingga harus benar-benar terencana supaya biaya konstruksi dan perawatan tidak boros.

Baca juga: Desain Rumah Anti Maling, Paling Aman dan Sederhana

Antara ruang luar dan dalam harus diintegrasikan dengan baik. Untuk menjaga suasana rumah tetap asri dan sejuk, tambahkan berbagai varietas vegetasi.

Agar cahaya alami lebih maksimal masuk rumah, maka perlu diaplikasikan dinding atau jendela dari kaca. Sehingga penggunaan lampu hanya dipakai saat malam hari saja.

Desain rumah tropis unik harus mampu menghadirkan kenyamanan dan daya tahan bangunan terhadap iklim. Jadi, tidak hanya memperhatikan sisi unik dan estetikanya saja. (R10/HR-Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
January 26, 2020 at 03:14PM
https://ift.tt/36s0V2v

Desain Rumah Tropis Unik Modern dan Tradisional - Harapan Rakyat
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Desain Rumah Tropis Unik Modern dan Tradisional - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.