Search

Mengenal Macam-Macam Senjata Tradisional Asal Indonesia - Okezone

JAKARTA - Indonesia dikenal dengan negeri yang kaya akan suku, budaya, dan bahasa. Indonesia yang terdiri dari 34 Provinsi tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah satu budaya yang terkenal adalah senjata tradisionalnya.

Berikut senjata tradisional dari berbagai daerah yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Rencong Asal Aceh

Rencong merupakan alat tradisional yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Senjata asal Aceh ini memiliki bentuk menyerupai pisau dan mempunyai sejarah yang kuat serta merupakan simbol untuk pria Aceh di masa lalu.

Sejak zaman penjajah, pria asal Aceh sering menggunakan senjata tersebut untuk berperang melawan penjajah. Sampai saat ini, Rencong masih saja digunakan sebagai alat untuk bela diri.

2. Golok Asal Betawi

Senjata Golok lebih identik dengan tokoh Si Pitung yang berasal dari Betawi. Rupanya, senjata Golok ini merupakan senjata tradisional khas Betawi. Sejak zaman penjajah, Si Pitung menggunakan senjata Golok tersebut ketika perang melawan penjajah Belanda.

Hingga sekarang, Golok masih digunakan sebagai alat untuk bela diri. Umumnya, orang Betawi asli masih menyimpan Golok di dalam rumahnya.

3. Kujang Asal Sunda

Pusaka Kujang milik masyarakat asli Sunda yang menyimpan nilai sejarah dan spiritual yang tinggi. Senjata ini identik dengan simbol Kerajaan Padjajaran milik Maharaja Prabu Siliwangi yang mempunyai kekuatan mistik dan spiritual sangat luar biasa.

Rupanya, senjata ini memiliki bentuk yang unik bahkan banyak orang yang masih mengoleksi senjata Kujang hingga saat ini. Namun, orang Sunda sendiri menggunakan Kujang untuk bertani dan sebagai alat bela diri.

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
January 10, 2020 at 10:01PM
https://ift.tt/35FPFiK

Mengenal Macam-Macam Senjata Tradisional Asal Indonesia - Okezone
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Macam-Macam Senjata Tradisional Asal Indonesia - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.