Search

Sering Dijadikan Obat Tradisional, Lebih Baik Jahe atau Kunyit? - Suara.com

Suara.com - Jahe dan kunyit termasuk rempah-rempah yang memiliki banyak kesehatan serta sering digunakan sebagai obat-obatan tradisional.

Kedua rempah-rempah ini memiliki sifat antiinflamasi kuat dan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jahe dan kunyit merupakan rimpang yang berasal dari keluarga Zingiberaceae.

Tetapi, manakah antara kunyi dan jahe yang paling banyak untuk kesehatan kita? Ada baiknya dilansir oleh Times of India, kita mengetahui dulu manfaat keduanya untuk membandingkan.

Jahe

Jahe mengandung banyak senyawa bioaktif dan nutrisi yang bermanfaat untuk otak dan tubuh kita. Jahe mengandung gingerol dan cukup kuat untuk mengatasi penyakit. Jahe juga mengandung magnesium, vitamin C, vitamin B6, fosfor, tembaga, besi, kalsium dan seng dalam jumlah kecil.

Membuat Masker Jahe DIY. (Shutterstock)
Jahe. (Shutterstock)

Adapun manfaat jahe, mulai mengobati berbagai bentuk mual, mengurangi rasa sakit dan nyeri otot, mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol hingga meningkatkan fungsi otak.

Jika Anda ingin meningkatkan pencernaan, campurkan irisan tipis jahe dengan garam dan jus jeruk nipis sebelum dan sesudah makan. Jahe juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Khusus mengobati batuk dan pilek, Anda bisa membuat jus jahe dengan campuran daun kemangi dan madu yang ampuh untuk mengobati penyakit ini.

Kunyit

Kunyit merupakan sumber zat besi dan mangaan yang sangat baik. Rempah-rempah ini juga mengandung vitamin B6, serat makanan, tembaga dan kalium.

Kunyit juga memiliki fitronutriun, termasuk curcumin, demethoxycurcumin, tumerone dan tumenorol. Curcumin adalah senyawa anti-inflamasi alami dalam kunyit.

Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)
Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)

Curcumin sebagai bahan aktif utama dalam kunyit memiliki efek anti-inflamasi kuat dan antioksidan yang kuat. Namun, kandungan curcumin dalam kunyit hanya sekitar 3 persen.

Adapun manfaat kesehatan dari kunyit, seperti menurunkan risiko penyakit otak, mencegah dan mengobati kanker, mengatasi depresi, menunda penuaan, memperlancar sirkulasi darah hingga detoksifikasi hati.

Jika Anda ingin membangun kekebalan tubuh, cukup campurkan kunyit ke dalam susu hangat untuk mengobati pilek sekaligus membangun kekebalan tubuh.

Anda juga bisa menggunakan kunyit sebagai perawatan kecantikan wajah, baik sebagai cuci muka, masker wajah, masker rambut dan lainnya.

Jadi, lebih baik mana antara jahe dan kunyit, itu semua tergantung pada kebutuhan tubuh. Karena, keduanya adalah rempah-rempah yang sama-sama kuat dalam manfaat kesehatannya. Tetapi, kunyit memiliki keunggulan dalam masalah kecantikan.

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
February 25, 2020 at 08:34AM
https://ift.tt/2Vl7LoG

Sering Dijadikan Obat Tradisional, Lebih Baik Jahe atau Kunyit? - Suara.com
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sering Dijadikan Obat Tradisional, Lebih Baik Jahe atau Kunyit? - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.