Search

Angkat Seni Tradisional Lewat Festival Kesenian Kendal Bangkit - ayosemarang.com

Penampilan sendra tari Bahurekso dari Sanggar Kejeling Cepiring Kendal dalam Festival Kesenian Kendal Bangkit di Lapangan Kadilangu Kangkung, Jumat (13/03/2020) siang. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Menumbuhkan minat anak muda untuk berkesenian dan mengangkat seni tradisional agar lebih digemari, sebuah festival kesenian digelar di Kendal. Festival kesenian Kendal Bangkit ini diisi penampilan dari anak-anak muda di Kendal, yang berkreasi tanpa mengubah kesenian aslinya. Kreativitas anak muda ini dilakukan agar kesenian tradisional digandrungi generasi muda sehingga tetap lestari.

Festival kesenian ini digelar di Lapangan Desa Kadilangu Kecamatan Kangkung. Meski di bawah terik matahari, warga khususnya anak-anak muda antusias melihat penampilan sendra tari dari Sanggar Kejeling Cepiring Kendal. Sendra tari yang sudah dikreasikan oleh anak-anak muda ini tidak mengubah seni aslinya.

AYO BACA : Kedunggading Bertekad Jadi Desa Bebas Plastik di Kendal

Festival kesenian yang dilaksanakan Jumat (13/03/2020) siang ini menampilkan berbagai macam seni tidak hanya tari, tetapi juga keroncong, singo barong , seni mural hingga fashion show batik asli Kendal. Panitia pelaksanakan Irfan Nugraha mengatakan, untuk penampilan kesenian ada sendra tari dan pertunjukan singo barong.

“Festival kesenian ini diharapkan bisa mengingatkan kembali anak-anak muda untuk melestarikan seni budaya. Pasalnya jika tidak dimulai oleh anak-anak muda seni tradisional ini bisa punah,” katanya. 

AYO BACA : Begini Cara Kurir Sabu di kendal Kirim Narkoba ke Pemesan

Selain itu festival ini juga sebagai ajang berkreasi tanpa menghilangkan nilai seni dan budaya aslinya.

Pembina Forum Dunia Kreatif Kendal, Falah Widya Yoga Pratama mengatakan festival ini untuk mengenalkan kembali kesenian di Kendal yang sudah jarang dimainkan dan mendapatkan tempat. 

“Dengan kegiatan seperti ini anak muda pelaku seni bisa menemukan tempatnya berkreasi dan menumpahkan jiwa seninya,” jelas Falah.

Sendra tari Sanggar Kejeling Cepiring sendiri menggambarkan kisah percintaan Tumenggung Bahurekso dengan Nawangsari. Dikemas dengan lebih modern ceritanya tidak berubah namun dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.

AYO BACA : Puncak HPN PWI Kendal, 27 Tokoh Terima Apresiasi

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
March 13, 2020 at 04:20PM
https://ift.tt/38Ndg2c

Angkat Seni Tradisional Lewat Festival Kesenian Kendal Bangkit - ayosemarang.com
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Angkat Seni Tradisional Lewat Festival Kesenian Kendal Bangkit - ayosemarang.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.