Search

Pemkab Jembrana Pasang Wastafel di Sejumlah Pasar Tradisional - Jawa Pos

NEGARA, BALI EXPRESS - Pemasangan fasilitas cuci tangan di seluruh pasar di Jembrana dilakukan Pemerintah Kabupaten Jembrana. Hal itu sebagai upaya menekan penyebaran virus covid-19 bagi pengunjung maupun pedagang di masing-masing pasar.

Kepala Dinas Koperindag Jembrana, I Komang Agus Adinata, Minggu (29/3) kemarin mengatakan pemasangan wastafel sekaligus mengedukasi masyrakat akan pola hidup bersih sesuai anjuran pemerintah untuk rajin mencuci tangan guna meminimalisir penyebaran virus. “Ini bagian dari kami mengedukasi masyarakat untuk selalu mencuci tangan, sebelum dan sesudah bertransaksi dipasar. Kami berharap mereka akan terbiasa  mencuci tangan sehingga meminimalkan penyebaran covid-19 sesuai anjuran pemerintah,” terangnya.

Agus menambahkan, wastafel sarana cuci tangan itu sudah dipasang disejumlah pasar diantaranya pasar Umum Negara, pasar Jembrana dan akan terus berlanjut ke pasar-pasar umum lainnya se-Jembrana.

“Untuk Pasar Umum Negara, sebagai pasar terbesar di Jembrana kami sudah pasang   ditempat yang terjangkau warga pasar dan pengunjung. Jumlahnya kami rencanakan akan ditambah lagi,” ujarnya

Agus menargetkan pemasangan wastafel ini terus berlanjut di sepuluh pasar umum tradisional yang menjadi kewenangan dinasnya. Pasar itu tersebar mulai dari Gilimanuk hingga pasar umum pekutatan

“Anggaran kami siapkan dari pergeseran anggaran kegiatan di Dinas Koperindag. Kami rencanakan tambah titik wastafel dipasar pasar yang selama ini ramai kunjungan seperti pasar umum negara misalnya," terangnya.

Selain melalui pemasangan  wastafel, pihak dinas jugab gencarkan soisalisasi dan edukasi kewaspadaan penyebaran virus bagi warga dan pengunjung pasar. “Salah satunya dengan rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah bertransaksi dipasar,” paparnya.

Ia juga berpesan agar masyarakat memanfaatkan fasilitas ini dengan baik. Krena kami tidak mungkin awasi full 24 jam. “Makanya saya titip fasilitas ini dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga sesuai fungsi utamanya bisa optimal,” tegasnya.

Disinggung soal penutupan pasar sebagai langkah antisipatif penyebaran covid-19 diruang publik, Agus mengatakan sampai saat ini pihaknya belum memutuskan hal itu. Pasar menurutnya masih sangat vital, sehingga  tetap buka untuk dukungan logistik. Namun himbauan rutin disampaikan kepada seluruh pengunjung pasar. “Kami sudah sampaikan himbauan kepada warga pasar untuk selalu gunakan masker, rutin cuci tangan setelah transaksi serta menjaga jarak minimal 1 meter. Himbauan juga diberikan untuk  tidak mengajak anak ke pasar. Selai itu kami juga melakukan penyemprotan desinfektan untuk menjaga kebersihan area pasar.

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
March 30, 2020 at 07:17AM
https://ift.tt/2QVyKE4

Pemkab Jembrana Pasang Wastafel di Sejumlah Pasar Tradisional - Jawa Pos
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkab Jembrana Pasang Wastafel di Sejumlah Pasar Tradisional - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.