Search

Pojok Cuci Tangan di Pasar Tradisional - Jawa Pos

SEJUMLAH pasar tradisional sudah lakukan tindakan preventif mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19). Menyediakan pojok cuci tangan di area sekitar pasar. Seperti terlihat di Pasar Legi dan Pasar Klewer, kemarin (16/3).

Di Pasar Legi, pojok cuci tangan berupa tong plastik atau galon yang dimodifikasi dengan keran air. Sebab tidak memungkinkan membuat salura air permanen di pasar darurat. Total ada sembilan titik. Di antaranya depan Hanggar PO Raya, Taman Stabelan, Jalan Sabang, Jalan Monginsidi, dan Taman Monjari. 

“Mulai sekarang harus biasakan cuci tangan. Kan sudah difasilitasi. Pokoknya harus,” tegas Kris, 56, pedagang bumbu dapur dan sayuran pasar darurat Pasar Legi, kemarin (17/3).

Lurah Pasar Legi Marsono mengaku baru memasang beberapa instalansi cuci tangan. Ke depannya akan ditambah di sembilan titik berbeda. “Istilahnya pojok cuci tangan. Sementara kami fokus di titik paling ramai dulu,” terangnya.

Di Pasar Klewer, pojok cuci tangan mengerahkan truk tangki air. Dimodifikasi dengan menyambung pipa paralon dan keran. Total ada lima keran. Ditempatkan di depan pintu utama. 

“Sebenarnya kami sudah buat sederhana. Tapi lokasi ambil airnya jauh. Makanya dibuat sekalian dengan pipa. Langsung lima keran biar bisa melayani banyak pengunjung dan pedagang,” papar Lurah Pasar Klewer Edi Murdiarso.

Ke depan, akan dibuat instalasi serupa di akses masuk sisi selatan. Sebab pengunjung dan pedagang juga banyak yang keluar-masuk lewat sisi selatan. Sedangkan pojok cuci tangan di pasar darurat Alun-Alun Utara, dibuat sederhana. Ditempatkan di tiga titik. “Pakai bejana yang diberi keran. Sudah lengkap dengan sabun cair,” imbuhnya.

Sementara itu, pedagang Pasar Klewer menagih fasilitas hand sanitizer. Ditempatkan di semua akses masuk. Mengingat selain pintu utama, ada sejumlah akses lain yang berada di pojok-pojok bangunan pasar. Selain itu, juga dilengkapi thermal scanner.

“Sekali fdi lift juga dilengkapi hand sanitizer. Juga dilengkapi termometer yembak (thermal scanner) mirip di mal dan bandara itu lho,” usul Rahmawati, 27, pegawai toko sandang di Pasar Klewer. (ves/fer)

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
March 18, 2020 at 03:07PM
https://ift.tt/38ULrVP

Pojok Cuci Tangan di Pasar Tradisional - Jawa Pos
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pojok Cuci Tangan di Pasar Tradisional - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.