Search

Ini Kentrung, Alat Musik Tradisional Khas Lamongan yang Hampir Punah - Detiknews

Lamongan -

Lamongan kaya akan seni tradisi. Salah satunya adalah kesenian kentrung yang juga memiliki ciri khas tersendiri. Kentrung di Lamongan menggunakan rebana sebagai ciri khas peristiwa dan tokoh dikendalikan oleh seorang dalang.

Sayang, seni kentrung yang hidup di daerah utara Lamongan ini hampir punah seiring meninggalnya H. Ahmad Kusairi atau yang biasa disapa Mbah Kusyairi, dalang kentrung dari Desa/Kecamatan Solokuro.

Upaya pelestarian seni kentrung ini terus dilakukan. Selain rebana, ciri lain yang ada di kentrung Lamongan adalah pakaian sang dalang yang menggunakan jubah dan juga cerita yang disampaikan.

"Kentrung memang banyak dan berbeda tiap daerah. Di Lamongan, kentrung bernuansa islami baik dari kostum yang memakai jubah dan sorban, maupun dari segi cerita yang biasanya berasal dari kisah Sunan Drajat, Sunan Giri dan Sunan Kalijaga yang kemudian di tengah-tengah ditambahkan tentang cerita-cerita lokal dan juga cerita riwayat para nabi," kata Yazid, anak Mbah Kusairi yang kini meneruskan profesi sang ayah, Minggu (8/3/2020).

Yazid mengungkapkan, kentrung dari Lamongan mengandung 3 hal. Budaya, dakwah dan sejarah yang disampaikan ke penonton. Kentrung Lamongan, kata Yazid, biasanya dimainkan saat ada hajatan seperti pernikahan, sunatan atau juga ketika tingkepan.

"Kentrung ini biasanya juga ditampilkan saat sedekah bumi, haul sunan-sunan, peringatan lahirnya suatu daerah atau desa," tuturnya.

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
March 08, 2020 at 11:37AM
https://ift.tt/38wFAWJ

Ini Kentrung, Alat Musik Tradisional Khas Lamongan yang Hampir Punah - Detiknews
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Kentrung, Alat Musik Tradisional Khas Lamongan yang Hampir Punah - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.