Search

Penggunaan Ramuan Tradisional di Lamsel Meningkat - Cendana News

LAMPUNG — Munculnya virus Corona (Covid-19) di sejumlah negara termasuk Indonesia memicu kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan memanfaatkan ramuan tradisional yang semula kurang diminati, mulai kembali dilirik.

Budi Kuntarjo, warga Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan (Lamsel) yang menjual bahan baku jamu menyebutkan, ramuan tradisional berbahan jahe merah paling banyak diminati karana dipercaya dapat menjaga stamina tubuh.

“Permintaan rutin dari pedagang jamu, pabrik pengolahan jamu mencapai 500 kilogram perpekan. Permintaan meningkat dua kali lipat semenjak muncul virus Covid-19,” terang Budi Kuntarjo saat ditemui Cendana News di kebun jahe merah miliknya, Jumat (6/3/2020). 

Sebagai tanaman kesehatan, Budi Kuntarjo menyebut jahe merah mudah diolah. Bahan yang digunakan di antaranya jahe merah, kunyit, sereh dan gula merah. Campura temu lawak juga kerap disertakan saat diseduh dengan air panas.

“Aplikasi sederhana jahe merah bisa dimemarkan lalu dibakar untuk dijadikan minuman, tetapi sebagian warga mengawetkan berbagai bahan jamu dengan cara diiris tipis tipis, dijemur lalu dibuat mpon mpon yang bisa diseduh kapan saja,” terangnya.

Warga Penengahan, Ranik menyebutkan, ia memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam jahe, kencur, kunyit, lengkuas dan tanaman jamu tradisional. Sebagian tanaman tersebut merupakan bahan pembuatan bumbu masakan. Namun semenjak virus Covid-19 muncul tanaman jamu banyak dicari masyarakat.

“Para pengepul bahan jamu kerap mencari dari lahan milik warga untuk dijual ke pabrik dan pembuat jamu,” beber Ranik.

Penggunaan jamu sebagai minuman kesehatan disebut Ranik mudah dibuat. Sebab pada kondisi normal saat musim penghujan sejumlah tanaman obat bisa menghangatkan badan.

Munculnya virus Covid-19 yang bisa dicegah dengan menjaga kesehatan, daya tahan tubuh dilakukan dengan meminum jamu.

Ia mendapat berkah dengan harga sejumlah tanaman jamu yang dijual rata rata Rp10ribu perkilogram.

Vani Nory, warga Teluk Betung menyebut mengolah jahe dengan bahan kuliner lain. Ia memilih mengolah ubi jalar dengan jahe merah, gula dan garam menjadi kolak. Jahe merah yang diolah menjadi makanan bisa berguna menghangatkan tubuh. Terlebih berdasarkan informasi dari sejumlah literatur kesehatan jahe merah berkhasiat.

“Jahe merah juga diyakini bisa mencegah virus Covid-19 dengan menjaga daya tahan tubuh,” bebernya.

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
March 06, 2020 at 09:40AM
https://ift.tt/2VPGomI

Penggunaan Ramuan Tradisional di Lamsel Meningkat - Cendana News
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penggunaan Ramuan Tradisional di Lamsel Meningkat - Cendana News"

Post a Comment

Powered by Blogger.