Search

Ruang Tamu Etnik Jawa Tradisional yang Eksotis dan Menawan - Harapan Rakyat

Ruang Tamu Etnik Jawa Tradisional
Salah satu desain interior untuk ruang tamu etnik Jawa tradisional. Foto: Ist/Net

Belakangan ini, ruang tamu etnik Jawa telah menjadi sebuah trend desain hunian yang modern. Dimana menambah bermacam-macam pilihan bagi masyarakat ketika memilih sebuah tempat tinggal.

Tak heran, karena konsep arsitektur untuk desain ruang tamu bergaya etnik ini memang sanggup ditempatkan ataupun dibangun dengan berbagai tempat yang sangat terbatas.

Jenis desain hunian dengan konsep rumah minimalis ini seakan menjawab dilema dari sekian banyaknya masyarakat yang memiliki lahan sempit. Terutama di kota-kota besar.

Inspirasi Desain Ruang Tamu Etnik Jawa

Membangun sebuah hunian tentu bukan perkara yang mudah. Mendesainnya menjadi sebuah rumah idaman tentu juga perlu dilakukan.

Terutama bagi para pengantin baru yang tengah merencanakan untuk membangun sebuah hunian, namun terkendala dengan lahan yang sempit.

Baca Juga: Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Konsep rumah tradisional dengan sentuhan ruang tamu etnik ini dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat. Gaya interior yang diberikan oleh etnik Jawa ini mampu memberikan kesan yang hangat dan juga sederhana pada ruang tamu dengan penggunaan material yang alami dan juga natural.

Setiap orang tentu mendambakan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Desain ruang tamu etnik Jawa ini umumnya lebih dipilih oleh beberapa orang yang menyukai seni untuk menunjukkan identitas dari sang pemilik rumah.

Penataan Perabot

Ketika terbentur dengan lahan rumah yang sangat minim, menuangkan sebuah nuansa etnik pada gaya rumah tak harus selalu mengikuti pola tatanan pakem rumah Jawa kuno.

Dengan kondisi lahan yang terbatas, rumah dapat dibangun sedemikian rupa dengan menghadirkan berbagai ciri rumah gaya etnik. Salah satunya dengan tambahan ruangan tamu etnik Jawa.

Pengaplikasian pola tatanan ruang dalam sebuah rumah dengan gaya etnik Jawa di kondisi lahan yang terbatas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari anggota keluarga.

Sementara dengan kondisi lahan yang sangat terbatas, terdapat pula beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan cara menampilkan nuansa ruang tamu etnik Jawa yang minimalis.

Untuk pemilihan jenis perabot apa saja yang tepat ditempatkan di ruang tamu etnik ini juga sangat mudah. Akan jauh lebih baik jika anda menambahkan perabotan atau mebel yang berbentuk kuno sehingga mampu menampilkan karakter Jawa asli.

Terdapat pula beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membangun ruangan tamu dengan kesan etnik Jawa. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Pemilihan Cat Dinding

Suasana ruang tamu etnik umumnya akan jauh lebih alami. Maka dari itu, anda perlu menggunakan warna cat yang tepat, misal penggunaan warna coklat dan juga putih.

Keseluruhan dinding dapat dicat dengan menggunakan warna coklat dan juga putih ataupun ditambahkan dengan warna tertentu sehingga mampu menghadirkan ruang tamu etnik Jawa yang kental dan ceria.

Penggunaan Karpet

Karpet dengan ukuran yang besar juga dapat anda jadikan sebagai alternatif untuk mempercantik ruang tamu milik anda. Untuk menciptakan kesan lebih lawas, pilihlah motif karpet yang sesuai.

Dengan demikian, kesan hangat mampu tercipta. Tak hanya itu, hal ini juga mampu memberikan kesan ruangan yang jauh lebih luas dan lega.

Penggunaan Elemen Kayu

Rumah Jawa kerap kali menggunakan material kayu pada berbagai elemen rumah. Misalnya pada rangka atap, lantai pintu, lemari, meja ataupun ranjang.

Karena ruang tamu etnik Jawa merupakan salah satu bagian dari rumah Jawa, maka penggunaan elemen kayu yang tepat tentu harus anda perhatikan.

Warna pada unsur kayu yang digunakan umumnya menggunakan warna yang alami khas kayu sehingga akan mampu memberikan kesan yang hangat pada dekorasi rumah.

Unsur Rotan Modern

Selain penggunaan unsur kayu, bahan alami lainnya seperti bambu atau rotan juga kerap diaplikasikan pada furnitur ruang etnik Jawa. Contohnya pada kursi, meja, ataupun jenis hiasan yang lainnya.

Akan tetapi, untuk menciptakan kesan yang modern dan juga tradisional Jawa secara maksimal, anda dapat menggunakan unsur rotan dengan menggunakan warna monokrom seperti warna hitam atau coklat.

Penggunaan warna hitam dan coklat pada rotan mampu memberikan kesan yang elegan dan juga stylish. Mengaplikasikan ruang tamu etnik Jawa modern dan juga tradisional mampu membuat rumah anda menjadi lebih unik dan juga berkarakter. (R10/HR-Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"tradisional" - Google Berita
April 17, 2020 at 10:21AM
https://ift.tt/2ynIOzc

Ruang Tamu Etnik Jawa Tradisional yang Eksotis dan Menawan - Harapan Rakyat
"tradisional" - Google Berita
https://ift.tt/36vD17m
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ruang Tamu Etnik Jawa Tradisional yang Eksotis dan Menawan - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.